Selasa, 19 Juni 2012

SQA Component


Komponen yang terdapat dalam SQA yaitu :
·         Pre-project SQA components
Komponen ini merupakan komponen awal yang terdiri dari kontrak awal dan perencanaan dalam pembangunan dan kualitas

·         Project life cycle SQA components
Komponen ini merupakan siklus dari pembangunan perangkat lunak. Siklus ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama adalah tahap siklus pembangunan. Terdapat berbagai metode siklus pembangunan dalam tahap ini, salah satunya adalah metode waterfall yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya. Tahap berikutnya adalah siklus operasional dan perawatan perangkat lunak. Pernagkat lunak yang sudah jadi harus tetap dikontrol operasionalnya dan secara rutin dilakukan perawatan.

·         Quality infrastructure components
Komponen ini bertujuan untuk mencegah dan mengurangi kegagalan perangkat lunak serta meningkatkan produktifitas perangkat lunak. Komponen ini terdiri dari prosedur dan intruksi kerja sebagai acuan dalam kinerja proyek, template dan checklist yang disediakan untuk mempermudah dan menyempurnakan dokumentasi, staff training untuk melatih kinerja karyawan dalam implementasi perangkat lunak yang dibuat, aksi-aksi korektif dan preventif menghadapi kesalahan produk yang sudah dikirim ke pelanggan, manajemen konfigurasi untuk mengatur konfigurasi dokumentasi dan produk agar mudah dianalisa, dan kontrol dokumen yang digunakan untuk mengawasi dokumen pembangunan dan pengembangan proyek perangkat lunak agar dapat ditelusuri secara lengkap.

·         Quality management
Komponen ini terdiri dari project progrss control yang digunakan untuk mengawasi kesepakatan dalam jadwal proyek, manajemen resiko, dan budget. Selain itu, komponen ini juga terdiri dari Software Quality Metrics yang merupakan alat ukur kualitas dari perangkat lunak berdasarkan berbagai macam aspek dan Software Quality Cost yang merupakan alat ukur dari biaya yang dikeluarkan dalam penjaminan kualitas perangkat lunak ini.

·         Standards
Standar berfungsi untuk melakukan utilisasi pengetahuan dari pihak luar sehingga pengembang perangkat lunak dapat mengetahui apakah produk yang dihasilkan sesuai dengan standar yang banyak  digunakan oleh profesional. Standar kualitas dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah standar manajemen kualitas. Standar ini digunakan untuk mengatur pembangunan dan perawatan perangkat lunak. Contoh standar ini adalah ISO 9001 yang dikeluarkan oleh International Standard Organization. Yang kedua adalah standar poses proyek. Standar ini lebih mengutamakan pada kinerja tim dalam pembangunan perangkat lunak. Contohnya adalah IEC 12207.

·         Organizational base-human components
Komponen ini bertujuan untuk mendukung implementasi dari SQA. Faktor kunci dari implementasi SQA adalah faktor manusia. Sehingga kinerja sumber daya manusia perlu ditingkatkan baik pada level manajer maupun personel lini bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar