Komponen yang terdapat dalam SQA yaitu :
·
Pre-project
SQA components
Komponen ini merupakan komponen awal yang terdiri dari
kontrak awal dan perencanaan dalam
pembangunan dan kualitas
·
Project
life cycle SQA components
Komponen ini merupakan siklus dari pembangunan
perangkat lunak. Siklus ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama adalah tahap
siklus pembangunan. Terdapat berbagai metode siklus pembangunan dalam tahap
ini, salah satunya adalah metode waterfall yang telah dijelaskan pada bab
sebelumnya. Tahap berikutnya adalah siklus operasional dan perawatan perangkat
lunak. Pernagkat lunak yang sudah jadi harus tetap dikontrol operasionalnya dan
secara rutin dilakukan perawatan.
·
Quality
infrastructure components
Komponen ini bertujuan untuk mencegah dan mengurangi
kegagalan perangkat lunak serta meningkatkan produktifitas perangkat lunak. Komponen
ini terdiri dari prosedur dan intruksi kerja sebagai acuan dalam kinerja
proyek, template dan checklist yang disediakan untuk
mempermudah dan menyempurnakan dokumentasi, staff training untuk melatih kinerja karyawan dalam implementasi
perangkat lunak yang dibuat, aksi-aksi korektif dan preventif menghadapi
kesalahan produk yang sudah dikirim ke pelanggan, manajemen konfigurasi untuk
mengatur konfigurasi dokumentasi dan produk agar mudah dianalisa, dan kontrol
dokumen yang digunakan untuk mengawasi dokumen pembangunan dan pengembangan
proyek perangkat lunak agar dapat ditelusuri secara lengkap.
·
Quality
management
Komponen ini terdiri dari project progrss control yang digunakan untuk mengawasi kesepakatan
dalam jadwal proyek, manajemen resiko, dan budget. Selain itu, komponen ini
juga terdiri dari Software Quality
Metrics yang merupakan alat ukur kualitas dari perangkat lunak berdasarkan
berbagai macam aspek dan Software Quality
Cost yang merupakan alat ukur dari biaya yang dikeluarkan dalam penjaminan
kualitas perangkat lunak ini.
·
Standards
Standar berfungsi untuk melakukan utilisasi
pengetahuan dari pihak luar sehingga pengembang perangkat lunak dapat
mengetahui apakah produk yang dihasilkan sesuai dengan standar yang banyak digunakan oleh profesional. Standar kualitas
dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah standar manajemen kualitas. Standar ini
digunakan untuk mengatur pembangunan dan perawatan perangkat lunak. Contoh
standar ini adalah ISO 9001 yang dikeluarkan oleh International Standard Organization. Yang kedua adalah standar
poses proyek. Standar ini lebih mengutamakan pada kinerja tim dalam pembangunan
perangkat lunak. Contohnya adalah IEC 12207.
·
Organizational base-human
components
Komponen ini bertujuan untuk mendukung implementasi
dari SQA. Faktor kunci dari implementasi SQA adalah faktor manusia. Sehingga
kinerja sumber daya manusia perlu ditingkatkan baik pada level manajer maupun
personel lini bawah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar